Selasa, 02 Maret 2010

Jalan-jalan ke Karst Citatah Bandung

Kunjungan kerja ke gua pawon

Oleh : Asefful Anwas

Selasa, 2 Februari 2010

Pada hari masa usai liburan, Minggu tanggal 17 Januari, kami siswa SMA Negeri 13 Bandung pergi mengunjungi gua Pawon yang ada di Citatah Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Kunjungan resmi bersama-sama guru-guru terutama bidang Geografi, juga beserta guru sejarah, Pendidikan lingkungan hidup dan Kimia. Siswa yang dibawa pergi kesana juga mulai dari kelas X, kelas XI dcan Kelas XII serta alumni angkatan kemarin serta alumni praktikan geografi tahun kemarin.

Kunjungan ini sebenarnya merupakan semacam studi lapangan untuk meneliti Gua Pawon, sejauh mana keberadaan Gua Pawon itu sebenarnya. Sejauh mana kerusakan gunung tersebut dan gunung sekitarnya beserta situs yang ada akibat gempuran industry kapur yang ada. Batuan kapur untuk menghasilkan kapur yang siap pakai untuk dipakai dalam industry lain misalnya bahan bangunan, bahan untuk cat, dan marmer dan lain sebagainya.











Gunung kapur Pawon

Ada beberapa hal yang menarik dari fenomena di atas yaitu lokasi gunung kapur tersebut tidak jauh dari kota bandung yaitu sekitar 25 km, artinya jarak tempuh bila memakai kendaraan roda empat maupun motor tidak lebih dari perjalanan satu jam. Bahkan wilayah gunung kapur tersebut masih berada di kawasan kabupaten bandung barat. Namun ketika keluar dari jalur jalan bandung Jakarta masuk ke jalan yang lebih kecil baru terasa keadaan yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung dengan kondisi jalan yang rusak dan tidak beraspal hanya beralaskan batu.

Ada beberapa hal yang menakjubkan selama perjalanan kesana dari mulai keluar jalur jalan aspal pemandangan terasa sejuk dengan pemandangan gunung gunung yang menjulang sangat tinggi dan tegak puluhan meter bagai raksasa dengan bagian yang keras karena terdiri batuan kapur, artinya kejadian ini dulunya merupakan laut dangkal dengan penuh karang-karang atau coral reefs. Coral reef adalah rumah-rumah binatang karang dimana bahan-bahan terbuat dari kapur atau caco3 yang diambil dari laut oleh binatang tersebut. Tapi kapan kejadiannya yaitu masa kenozoikum yaitu sekitar 25 sampai dengan 30 juta tahun yang lalu dimana dulunya wilayah ini adalah laut dangkal penuh dengan binatang karang yang kemudian terangkat karena benturan lempeng Eurasia dan indoaustralia sehingga menjadi sekarang ini.











Sedang menerima penjelasan dari kang Bahtiar ahli geografi lapangan

Jarak antara pantai selatan jawa barat dengan wilayah kapur citatah padalarang sekitar 100 km sampai dengan 125 km. lokasinya sudah ditengah wilayah jawa barat. Bagian lempeng benua Eurasia yang tebal terangkat didesak oleh lempeng samudra indoaustralia sehingga membentuk pertemuan antar lempeng menjadi busur luar non vulkanik dan busur dalam yang vulkanis, seperti gunung kapur yang sekarang ini. Akibat vulkanisme juga maka batuan kapur ada yang bermetamorfosis menjadi batuan metamorf kontak dengan suhu vulkanik yang panas sehingga menghasilkan batu pualam yang putih maupun berserat karena ada mineral lain yang masuk, misalnya besi, magnesium, dll. Dengan demikian pantaslah menjadi suatu incaran bagi para pengusaha untuk mendirika industry kapur mulai untuk bahan bangunan, maupun keperluan lain.











Sedang melihat langit gua yang tinggi

Gua Pawon merupakan suatu situs yang makin menarik untuk dibahas karena memuat hal-hal kehidupan masa lalu masyarakat bandung. Menurut ahli geolog belanda Van bemelen bahwa wilayah bandung dulunya adalah danau dimana sungai citarum dan sungai lainnya bermuara ke danau tersebut. Jadi gua pawon adalah batas pesisir danau tersebut dimana manusia jaman dulu kehidupannya tidak bisa terlepas dari air baik sungai maupun danau. Mereka hidup dan bermukim serta berlalu lintas lebih banyak diperairan karena berbahayanya oleh binatang buas lewat jalan darat. Jadi sebenarnya gua pawon itu menjadi tempat berteduh dan bermukimnya manusia bandung tempo dulu. Sehingga ditempat itulah banyak dikenal barang-barang keperluan untuk berburu, makan maupun tempat kuburannya berada. Ada beberapa bukti makam yang ada ditemukan baru-baru ini dari lapisan bawah dasar gua pawon tersebut. Kehidupan tersebut perkiraan pada masa 9000 tahun yang lalu, jadi masih primitive jika dibandingkan masa kini, peralatan mereka lebih banyak ke batu.











Para guru pembimbing dan konsultan sedang berfose diujung atas gua pawon

Mungkin itulah oleh-oleh pengetahuan yang didapat dari lapangan sehingga apa yang ada disekitar lingkungan kita bisa kita ambil sebagai pengetahuan tambahan dalam berbagai pelajaran baik geografi, sejarah, sosiologi maupun kimianya. Semoga pula wilayah karst citatah menjadi kawasan industry yang berwawasan lingkungan yang dan menghargai situs budaya daerah serta bermanfaat bagi kita semua. Wassalam.